Selasa, 28 September 2010

Definisi dan Fungsi Sistem Informasi Manajemen ( SIM )



Definisi dan Fungsi Sistem Informasi Manajemen
( SIM )
1. Pendahuluan

            Di era modernisasi seperti saat ini, dimana seluruh aspek-aspek telah berbondong-bondong dalam penerapan teknologi , begitu juga pada sistem informasi manajemen yang semakin lama, semakin pesat kemajuannya.
            Perkembangan sistem informasi manajemen telah menyebabkan perubahan yang cukup menonjol dalam pengambilan keputusan oleh seorang manajer. Perkembangan sistem informasi manajemen pun telah menyebabkan perubahan pada peran seorang manajer untuk selalu dapat informasi yang akurat dan terkini yang dapat digunakan dalam pengambilan sebuah keputusan.
            Meningkatnya teknologi informasi, khususnya internet telah memberi kesempatan kepada setiap orang agar lebih cepat dan akurat dalam memperoleh sebuah informasi.


2. Tinjauan Pustaka

  1. Sistem Informasi Manajemen adalah pengembagan dan penggunaan sistem-sistem informasi yang efektif dalam organisasi-organisasi (Kroenke, David, 1989)
  2. Sistem Informasi Manajemen didefinisikan sebagai suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai yang mempunyai kebutuhan yang serupa. Informasi menjelaskan perusahaan atau salah satu sistem utamanya mengenai apa yang telah terjadi di masa lalu, apa yang sedang terjadi sekarang dan apa yang mungkin terjadi di masa depan. Informasi tersebut tersedia dalam bentuk laporan periodik, laporan khusus dan output dari simulasi matematika. Informasi digunakan oleh pengelola maupun staf lainnya pada saat mereka membuat keputusan untuk memecahkan masalah (Mc. Leod, 1995)
  3. Sistem Informasi Manajemen merupakan metode formal yang menyediakan informasi yag akurat dan tepat waktu kepada manajemen untuk mempermudah proses pengambilan keputusan dan membuat organisasi dapat melakukan fungsi perencanaan , operasi secara efektif dan pengendalian (Stoner, 1996)

3. Pembahasan
                   Untuk memehami konsep dasar SIM, para pengguna harus dengan jelas mengetahui konsep-konsep dasar SIM dengan baik. Ruang lingkup SIM sebenarnya tertuang pada tiga kata pembentuknya, yaitu :
  • Sistem : merupakan kumpulan elemen yang saling berhubungan satu sama lain yang membentuk satu kesatuan dalam usaha mencapai suatu tujuan.
  • Informasi : hasil pemrosesan data yang diperoleh dari setiap elemen sistem.
  • Manajemen : proses atau kegiatan yang dilakukan oleh pengelola perusahaan seperti merencanakan (menetapkan strategi, tujuan dan arah tindakan), mengorganisasikan, memprakarsai, mengkoordinir dan mengendalikan operasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
SIM secara khusus memiliki beberapa kemampuan teknis yang sangatlah
menunjang yang direncanakan baginya. Secara kolektif kemampuan ini menyangkal pernyataan bahwa komputer hanyalah mesin penjumlah atau kalkulator yang berkapasitas tinggi, sebenarnya komputer tidak dapat mengerjakan sesuatu ia hanya mengerjakan lebih cepat. Sistem informasi komputer dapat memiliki sejumlah kemampuan jauh diatas sistem non komputer. Dan kemampuan ini telah merevolusikan proses manajemen yang menggunakan informasi yang dihasilkan oleh sistem yang telah ada. Beberapa kemampuan teknis terpenting dalam sistem komputer :
1. Pemrosesan data batch
2. Pemrosesan data tunggal
3. Pemrosesan on-line, real time
4. Komunikasi data dan switching pesan
5. Pemasukan data jarak jauh dan up date file

Fungsi Sistem Informasi Manajemen
            Agar sebuah informasi yang dihasilkan pada suatu sistem informasi dapat berguna bagi kelangsungan pengorganisasian yang baik maka analis sistem harus betul-betul mengetahui kebutuhan informasi yang dibutuhkannya, berikut ini beberapa kegunaan/fungsi sistem informasi antara lain adalah sebagai berikut:
1. Meningkatkan aksesibilitas data yang tersaji secara tepat waktu dan akurat .
2. Menjamin tersedianya kualitas dan keterampilan .
3. Mengembangkan proses perencanaan yang efektif.
4. Mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan akan keterampilan pendukung sistem informasi.
5. Menetapkan investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi.
6. Mengantisipasi dan memahami konsekuensi-konsekuensi ekonomis dari sistem informasi dan teknologi baru.
7. Memperbaiki produktivitas dalam aplikasi .
8. Organisasi menggunakan sistem informasi untuk mengolah transaksi-transaksi,
9. Perusahaan menggunakan sistem informasi untuk mendata tentang persediaan barang agar tetap konsisten dalam penjualan.
10. Sistem Informasi Manajemen digunakan untuk mendukung pengambilan sebuah keputusan seorang manajer.
11. Sistem informasi digunakan untuk pengendalian operasional.
12. sistem informasi digunakan untuk perencanaan startegis .

4. Penutup
    Kesimpulan
            Dapat ditarik kesimpulan dari definisi-definisi yang tertera diatas, Sistem Informasi Manajemen adalah suatu sistem yang dirancang untuk menyediakan informasi guna mendukung pengambilan keputusan pada kegiatan manajemen dalam suatu organisasi guna untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
            Dapat pula disimpulakan tujuan umum Sistem Informasi Manajemen adalah sebagai berikut :
  • Menyediakan informasi yang dipergunakan di dalam perhitungan harga pokok jasa, produk, dan tujuan lain yang diinginkan manajemen.
  • Menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan.
  • Menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan.

Saran
      Bagi setiap individu yang ingin menggunakan Sistem Informasi manajemen, disarankan agar terlebih dahulu mengetahui dan mengerti konsep-konsep yang ada pada Sistem Informasi tersebut, agar dalam penyajian informasi tidak terjadi kekeliruan antara sistem yang telah dibuat dengan keputusan yang telah ditetapkan.

5. Referensi
      miftah.staff.gunadarma.ac.id

Davis, B. Gorgon. 1995. Kerangka Dasar SIM. Jakarta. Penerbit: PT Gramedia






           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar