Selasa, 28 September 2010

Gambaran Umum dan Struktur Sistem Informasi Manajemen ( SIM )

Gambaran Umum dan Struktur Sistem Informasi Manajemen
( SIM )

1. Pendahuluan
Semakin berkembangnya sistem informasi menuntut para pengguna agar lebih dalam lagi mempelajari dan mengetahui ilmu-ilmu yang terkait pada sistem informasi tersebut.
Sistem informasi pun sangat menunjang sebuah manajemen yang terkait pada sebuah sistem kantor yang didalamnya sangat berpengaruh terhadap sebuah pengambilan keputusan. Didalam sistem informasi lah dijelaskan bagaimana suatu informasi menjalankan peranannya dalam proses sebuah pengambilan keputusan yang berkualitas, yang diharapkan oleh semua pihak-pihak yang terkait didalamnya.

2. Tinjauan Pustaka
A. Gordon B. Davis dalam buku “ Management Information System; conceptual foundation, structure and development : “ SIM adalah sistem manusia atau mesin yang terpadu guna menyajikan informasi untuk mendukung fungsi operasi, manajemen dan pengambilan keputusan didalam suatu organisasi “.
B. Drs. Komaruddin dalam buku “ Ensiklopedia Manajemen “: “ SIM adalah suatu pendekatan yang terorganisir dan terencana untuk memberikan eksekutif bantuan informasi yang tepat dan dapat memberikan kemudahan bagi proses manajemen “.
C. Joseph F. Kelly dalam buku “ Computerized Management Information System “: “ SIM adalah perpaduan antara sumber daya manusia dan sumber daya yang berbasis computer, dan penggunaan data untuk tujuan operasi manajemen yang efisien serta perencanaan bisnis “.
3. Pembahasan
Struktur sistem informasi pada dasarnya dibedakan menjadi dua yaitu sistem yang terstruktur (formal) dan sistem yang tidak terstruktur (non formal). Sistem formal adalah sistem yang berjalan menurut norma-norma organisasi yang berlaku pada semua orang, sesuai dengan kedudukannya dalam organisasi. Sistem ini tergantung kepada tugas, wewenag, dan tanggung jawab yang dibebankan kepada pemegang jabatan organisasi. Sistem nonformal adalah sistem yang berlaku di lingkungan organisasi melalui saluran-saluran tidak resmi, tetapi mempunyai pengaruh cukup kuat dalam kehidupan organisasi yang bersangkutan (Gordon B. Davis )
1. Struktur sistem informasi berdasarkan kegiatan manajemen
Informasi pengendalian manajemen diperlukan oleh berbagai manajer bagian, pusat laba dan sebagainya untuk mengukur prestasi, memutuskan tindakan pengendalian, merumuskan aturan keputusan baru untuk ditetapkan personalian operasional dan mengalokasikan sumber daya.
2. Struktur sistem informasi berdasarkan fungsi organisasi
Mencangkup bidang pemasaran, produksi, logistik, personalia, keuangan dan akuntansi.
3. Struktur sistem informasi manajemen secara konseptual dan fisik
Secara konseptual meliputi : pengolahan transaksi, dukungan operasional sistem informasi, dukungan pengendalian manajerial sistem informasi, dukungan perencanaan stategi sistem informasi.
Pada struktur fisik semua aplikasi terdiri atas program yang sama sekali terpisah, tetapi hal ini tidak selalu demikian adanya sehingga ada penghematan yang cukup besar dari pengolah terpadu dan pemakain modul umum.



4. Penutup
Kesimpulan
Didalam penjelasan telah diinformasikan bagaimana suatu sistem dapat terbentuk menjadi sebuah informasi yang sangat berguna bagi proses pengambilan sebuah keputusan, yang didalamnya terbentuk dari sebuah sitruktur-struktur yang terkait.
Saran
Sebaiknya para pengguna sistem informasi harus mempelajari terlebih dahulu struktur-struktur yang terkait dalam penciptaan sebuah informasi, agar hasil dari keputusan yang diperoleh pun dapat sesuai dengan apa yang telah ditetapkan.

5. Referensi
http://elearning.gunadarma.ac.id
http://nissaajah91.wordpress.com
http://wartawarga.gunadarma.ac.id

http://www.stmikmj.ac.id

Davis, B. Gorgon. 1995. Kerangka Dasar SIM. Jakarta. Penerbit: PT Gramedia

www.smecda.com

http://22adi.blogspot.com

http://nadiapritta.blogspot.com

http://id.wikipedia.org

http://www.ittelkom.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar