Sabtu, 30 Oktober 2010

E-Commerce dan Perkembangannya di Indonesia

E-Commerce dan Perkembangannya di Indonesia


1. Pendahuluan
Di era modernisasi , banyak orang memanfaatkan tekhnologi informasi dalam kegiatan sehari-hari. Baik yang bersifat non komersial, ataupun yang bersifat komersial.
Melalui pemanfaatan tekhnologi kegiatan jual-beli akan lebih mudah di jalankan.
Tekhnologi yang sekarang ini sedang marak dan berkembang di Indonesia adalah E-Commerce, E-Commerce sangat membantu para pelaku ekonomi dalam melaksanakan kegiatan ekonomi.

2. Tinjauan Pustaka
Menurut Adji Gunawan, Associate Partner dan Technology Competency Group Head Andersen Consulting, secara umum ada tiga tahapan menuju e-commerce, yakni: presence (kehadiran), interaktivitas dan transaksi. Saat ini, kebanyakan website yang dimiliki perusahaan Indonesia hanya mencapai tahap presence, belum pada tahap transaksi.Sehingga belum dapat dikatakagorikan sebagai e-commerce karena tidak adanya transaksi elektrinik di dalamnya.

3. Pembahasan
E-Commerce (Electronic Commerce) merupakan suatu kegiatan penjualan, pembelian, dan pendistribusian barang atau pun jasa melalui media elektronik, seperti : internet, televise, atau jaringan komputer lainnya.
E-Commerce memiliki beberapa jenis, yaitu:
• Business to business (B2B): Bisnis antara perusahaan dengan perusahaan lain
• Business to consumer (B2C): Bisnis antara perusahaan dengan pelanggan.
• Consumer to consumer (C2C): Bisnis antara pelanggan dengan pelanggan.
• Government: G2G: Bisnis antara pemerintah dengan pemerintah.
• G2B: Bisnis antara pemerintah dengan perusahaan.
• G2C: Bisnis antara pemerintah dengan pelenggan.
E-Commerce pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website).
E-Commerce di Indonesia
Perkembangan e-commerce di Indonesia sendiri telah ada sejak tahun 1996, pertama dengan berdirinya Dyviacom Intrabumi atau D-Net sebagai perintis transaksi online.Kemudian disusul dengan Wahana transaksi berupa mal online yang disebut D-Mall ,ini telah menampung sekitar 33 toko online/merchant. Produk yang dijual bermacam-macam, mulai dari makanan, aksesori, pakaian, produk perkantoran sampai furniture. Selain itu, berdiri pula http://www.ecommerce-indonesia.com/, tempat penjualan online berbasis internet yang memiliki fasilitas lengkap seperti adanya bagian depan toko (storefront) dan shopping cart (keranjang belanja).
Indonesia sendiri telah bekerjasama dengan lembaga-lembaga yang membutuhkan e-commerce, untuk melayani konsumen seperti PT Telkom dan Bank International Indonesia. Selain itu, terdapat pula tujuh situs yang menjadi anggota Commerce Net Indonesia, yaitu Plasa.com, Interactive Mall 2000, Officeland, Kompas Cyber Media, Mizan Online Telecommunication Mall dan Trikomsel.
Kunci Sukses E-Commerce :
Banyak factor-faktor penting yang dapat menjadi kunci sukses dalam perkembangan e-commerce, diantaranya :dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang lainnya adalah:
1. Menyediakan harga kompetitif
2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
4. Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
7. Mempermudah kegiatan perdagangan

Masalah pada E-Commerce
1. Penipuan dengan cara pencurian identitas dan membohongi pelanggan.
2. Ketidak jelasan terhadap para pelaku pelanggaran yang terjadi pada sistem e-commerce.
Aplikasi bisnis pada E-Commerce
Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce adalah:
• E-mail dan Messaging
• Content Management Systems
• Dokumen, spreadsheet, database
• Akunting dan sistem keuangan
• Informasi pengiriman dan pemesanan
• Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
• Sistem pembayaran domestik dan internasional
• Newsgroup
• On-line Shopping
• Conferencing
• Online Banking

4. Penutup
Kesimpulan
Di era modernisasi seperti saat ini, penggunaan e-commerce sangatlah tepat, karena dengan menggunakan e-commerce semua transaksi akan lebih efektif dan efisien, terutama bagi individu yang tidak banyak memiliki waktu luang untuk melakukan transaksi kecil.
Saran
Harus ada penegakan hukum bagi pelanggaran yang dilakukan seseorang dalam sistem e-commerce, hal tersebut harus dilakukan karena agar para konsumen lebih nyaman, aman, dan percaya terhadap sistem e-commerce. Pempublikasian e-commerce pun harus lebih ditingkatkan, agar seluruh lapisan masyarakat dapat menggunakannya.

5. Referensi
http://www.matabumi.com/cerita/perkembangan-e-commerce-di-indonesia


http://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik
http://www.makalahmanajemen.com/
http://www.sentralweb.com/
www.cert.or.id/~budi/presentations/e-commerce-indonesia.ppt Anggraeni Srihartati0905017012
http://www.ecommerce-indonesia.com/
http://oyowartoyo.files.wordpress.com/
http://kenarok2080.googlepages.com/
http://miftah.staff.gunadarma.ac.id/
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar