Sabtu, 30 Oktober 2010

Teknologi Perdagangan Melalui jaringan Elektronik

Teknologi Perdagangan Melalui jaringan Elektronik

1. Pendahuluan
Semakin pesatnya kemajuan teknologi, semakin mendorong setiap orang untuk melakukan setiap aktivitasnya menggunakan teknologi, karena banyak keuntungan yang didapat dengan pemanfaatan teknologi tersebut.
Salah satu dari pemanfaatan teknolgi tersebut adalah dalam bidang perniagaan atau perdagangan, yang biasanya banyak digunakan oleh perusahan-perusahan besar dimana setiap aktivitas perkantorannya sudah sangat memperhatikan mengenai perkembangan teknologi.

2. Tinjauan Pustaka
3. Pembahasan
Perdagangan elektronik atau e-dagang adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Perdagangan melalui jaringan elekronik dapat didefenisikan dengan sangat sempit, bahkan dapat dikatakan hanya mencakup transaksi bisnis yang berhubungan dengan pelanggan dan pemasok, dan sering digambarkan dalam internet, seolah-olah tidak ada alternatif komunikasi lain.
Kita mengambil pandangan yang jauh lebih luas. Kita mendefenisikan perdangan melalui jaringan elektronik sebagai pengguna komputer untuk memudahkan semua operasi perusahaan.
Perusahaan-perusahaan ikut serta dalam perdagangan melalui jaringan elektronik untuk mencapai perbaikan diseluruh organisasi. Perbaikan ini diharapkan menghasilkan tiga manfaat utama, yakni:
 Pelayanan pelanggan yang lebih baik
 Hubungan dengan pemsok dan masyarakat keuangan yang lebih baik
 Pengembalian atas investasi pemegang saham, dan pemilik yang meningkat
Kendala dari perdagangan melalui jaringan elektronik :
* Biaya Tinggi
* Masalah Keamanan
* Perangkat lunak yang belum mapan atau tidak tersedia
Jalan menuju perdagangan melalui jaringan elektronik :
* Mengumpulkan intelijen bisnis
* Membentuk suatu sistem antar-organisasi (IOS)
Sejarah Perkembangan Elektronik
Istilah "perdagangan elektronik" telah berubah sejalan dengan waktu. Awalnya, perdagangan elektronik berarti pemanfaatan transaksi komersial, seperti penggunaan EDI untuk mengirim dokumen komersial seperti pesanan pembelian atau invoice secara elektronik.
Kemudian dia berkembang menjadi suatu aktivitas yang mempunya istilah yang lebih tepat "perdagangan web" — pembelian barang dan jasa melalui World Wide Web melalui server aman (HTTPS), protokol server khusus yang menggunakan enkripsi untuk merahasiakan data penting pelanggan.
Pada awalnya ketika web mulai terkenal di masyarakat pada 1994, banyak jurnalis memperkirakan bahwa e-commerce akan menjadi sebuah sektor ekonomi baru. Namun, baru sekitar empat tahun kemudian protokol aman seperti HTTPS memasuki tahap matang dan banyak digunakan. Antara 1998 dan 2000 banyak bisnis di AS dan Eropa mengembangkan situs web perdagangan ini.
Strategi Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik adalah strategi yang elemen-elemennya dikaitkan dengan transmisi data elektronik. Strategi ini adalah system antar organisasi (IOS). Istilah lain adalah EDI yaitu pertukaran data elektronik. Pertukaran data elektronik adalah suatu cara untuk mencapai system antar organisasi.

Strategi yang paling penting adalah strategi yang elemen-elemennya dikaitkan dengan transmisi data elektronik. Nama yang berkaitan dengan strategi ini adalah sistem antar-organisasi (IOS). EDI merupakan subset dari IOS
Ada tiga pilihan teknologi utama sambungan langsung (Direct Connectivity), jaringan bernilai tambah (Value Added Network) dan internet.
1. Sambungan Langsung
Perusahaan dapat membentuk kaitan komunikasi data dengan para mitra dagangnya dengan menggunakan sirkuit yang disediakan oleh penyedia jasa komunikasi umum.
2. Jaringan Bernilai Tambah
Jaringan bernilai tambah (Value Added Network) disediakan oleh penjual yang bukan hanya menyediakan sirkuit tetapi juga menyediakan banyak jasa yang diperlukan untuk menggunakan sirkuit itu bagi EDI.
3. Internet
Internet memungkinkan suatu jaringan komunikasi global yang tidak hanya menghubungkan para mitra dagang tetapi juga mencakup para pelanggan. Sebagian besar kebangkitan perdagangan melalui jaringan elektronik diharapkan berasal dari perusahaan-perusahaan yang akan mempromosikan dan dalam beberapa kasus mengirimkan produk mereka melaui internet.
4. Penutup
Kesimpulan
Dengan adanya penemuan terhadap perdagangan melalui jaringan elektronik, ini akan lebih memudahakan proses jual-beli ataupun transaksi-transaksi yang ada pada suatu sistem perdagangan lainnya.
Saran
Masih banyak sekali kendala yang ada dalam sistem perdagangan melalui jaringan elektronik ini, terutama dalam bidang keamanan, dalam hal ini pemerinyah diharapkan agar lebih memperhatikan sistem-sistem yang ada pada perdagangan melalui jaringan elektronik dan semacamnya.

5. Referensi
http://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik
http://betty_yudha.staff.gunadarma.ac.id/.../BAB+6+Perdagangan+Melalui+Jaringan+Elektronik.doc
http://nanienuneno.blogspot.com/2010/01/perdagangan-melalui-jaringan-elektronik.html
http://gerudawjarit.blogspot.com/2009/12/menggunakan-teknologi-informasi-dalam.html
http://www.simplearning.co.cc/2009/12/e-commerce-strategi-penerapan-bisnis.html
http://nanienuneno.blogspot.com/2010/01/perdagangan-melalui-jaringan-elektronik_08.html
http://kibaw90.wordpress.com/2010/01/03/e-commerce/
http://budhivensius.blogspot.com/2009/12/perdagangan-melalui-jaringan-elektronik.html
http://andrykusuma.wordpress.com/2009/12/31/e-commerce-perdagangan-elektronik/
http://irvhan.student.ung.ac.id/files/2010/06/SISTEM-INFORMASI-MANAJEMEN.ppt

Tidak ada komentar:

Posting Komentar