Sabtu, 30 Oktober 2010

Evolusi Sistem Informasi Manajemen berdasarkan CBIS (Computer Base Information System).

Evolusi Sistem Informasi Manajemen berdasarkan CBIS
(Computer Base Information System).

1. Pendahuluan
Sebelumnya saya telah membahas mengenai definisi dan fungsi Sistem Informasi Manajemen, beserta komponen-komponen yang terkandung dalam Sistem Informasi Manajemen. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai Evolusi Sistem Informasi Manajemen berdasarkan CBIS (Computer Base Information System).
CBIS sendiri lebih ditekankan pada suatu sistem informasi yang menggunakan komputer, dengan kata lain suatu sistem informasi yang berbasis komputer.

2. Tinjauan Pustaka

1. Turban, McLean, dan Wetherbe (1999)
Sistem informasi adalah sebuah sistem informasi yang mempunyai fungsi mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis, dan menyebarkan informasi untuk tujuan yang spesifik.
2. Bodnar dan HopWood (1993)
Sistem informasi adalah kumpulan perangkat keras dan lunak yang dirancang untuk mentransformasikan data ke dalam bentuk informasi yang berguna.
3. Alter (1992)
Sistem informasi adalah kombinasi antara prosedur kerja, informasi, orang, dan teknologi informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah perusahaan

3. Pembahasan
Sistem informasi berbasis komputer atau CBIS (Computer Base Information System) merupakan suatu sistem pengolahan data yang menjadi sebuah informasi yang berkualitas, yang pada akhirnya akan membantu seorang manajer dalam pengambilan keputusan.
Berikut beberapa istilah yang terkait dalam CBIS, antara lain adalah:
• Data
• Informasi
• Sistem
• sistem informasi
• basis komputer.

Evolusi Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer
a) Fokus pada Data (S.I.A)
SIA merupakan suatu sistem informasi yang bergerak pada aplikasi akuntasi. SIA merupakan sebuah keharusan bagi setiap perusahaan, karena pada dasarnya SIA sangat menunjang pada pengolahan sebuah data yang dibutuhkan perusahaan, walaupun pada dasarnya SIA lebih berorientasi pada data dibandingkan pada informasi.
Tugas utama SIA adalah :
 Mengumpulkan data
 Manipulasi data
 Menyimpan data
 Mengumpulkan dokumen
Nama aplikasi akuntasnsi berbasis komputer pada awalnya adalah pengolahan data elektronik (EDP), kemudian berubah menjadi Data prosesing (DP), dan akhirnya menjadi Sistem Informasi Akuntansi (SIA).
b) Fokus pada Informasi (SIM)
Merupakan suatu sistem berbasis database komputer yang menyediakan informasi bagi setiap pemakai dengan kebutuhan yang beragam. Pada dasarnya setiap aplikasi yang ada dalam komputer harus menerapkan tujuan utamanya, yakni memberikan sebuah informasi pada masa lalu, yang berpengaruh pada masa sekarang, dan masa depan, guna pengambilan sebuah keputusan.
c) Fokus pada Sistem Pendukung Keputusan (DSS)
Merupakan suatu sistem informasi yang bersifat interaktif, dimana pada bagian ini seorang manajer harus sudah dapat mengambil keputusan dengan informasi-informasi yang telah tersedia.
d) Fokus pada Komunikasi (OA)
Otomatisasi Kantor menekankan memberikan informasi baik bersifat formal maupun informal kepada orang-orang yang terkait dalam perusahhan tersebut, sehingga akan memudahkan komunikasi yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas.

e) Fokus Potensial pada Konsultasi (Sistem Pakar)
Sistem pakar mempunyai tujuan untuk memecahkan masalah yang rumit untuk pemakai. Sistem ini berbasis pengetahuan yang menyerupai seorang pakar dalam menyelesaikan sebuah masalah.
4. Penutup
a. Kesimpulan
Evolusi sistem informasi manajemen berbasis komputer memiliki sub-sub peting didalamnya, dimana satu sama lainnya sangat berhubungan dan saling menunjang, dan tujuan dari bagian-bagian tersebut adalah untuk memperoleh sebuah keputusan dari informasi-informasi yang terkait guna meningkatkan sebuah produktivitas sebuah perusahaan.
b. Saran
Bagi para pelaku kegiatan manajemen, bagian dari evolusi sistem informasi manajemen diatas sangatlah harus diperhatikan, terutama dalam terciptanya suatu kegiatan permanajemenan yang baik.
Dalam kegiatannya pun komputer merupakan alat yang paling dibutuhkan dalam sistem informasi manajemen, dengan adanya komputer kita dapat menghematan waktu (time saving), menghematan biaya (cost saving), dan peningkatan efektivitas (effectiveness).
5. Referensi
http://akmaldarmawansyarief.blogspot.com/
http://greeaone.wordpress.com
http://www.ilmukomputer.org/
http://yulieee.wordpress.com/
http://kibaw90.wordpress.com
http://www.makalahmanajemen.com
http://miftah.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/
http://oyowartoyo.files.wordpress.com
http://zaalicious.blogspot.com/
http://blog.re.or.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar