Sabtu, 30 Oktober 2010

Model Sistem Umum Perusahaan

Model Sistem Umum Perusahaan

1. pendahuluan

Dengan semakin maraknya persaingan bisnis dari tahun ke tahun, semakin mendorong para pelaku bisnis tersebut untuk lebih berinovasi dalam perkembangan bisnisnya.
Begitu pula dengan model sistem umum yang digunakan dalam perusahaan tersebut sangantlah beraneka ragam, dengan lebih memperhatikan model yang digunakan tentulah akan sangat berpengaruh terhadap sistem-sistem yang terkait dengan perusahaan.

2. Tinjauan Pustaka
3. Pembahasan
Model adalah penyederhanaan (abstraction)dari sesuatu. Model mewakili sejumlah objek atau aktivitas yang disebut dengan entitas (entity). Manajer menggunakan model untuk memecahkan permasalahan.
Terdapat empat jenis model dasar, yaitu :
1. Model fisik,
2. Model naratif,
3. Model grafik,
4. Model matematika.
1.ModelFisik
Adalah penggambaran entitas dalam bentuk tigas dimensi. Model fisik yang digunakan dalam dunia bisnis meliputi maket pusat perbelanjaan, atau prototype model baru.
Model fisik membantu suatu tujuan yang tidak dapat dipenuhi oleh benda nyata. Contohnya investor pusat perbelanjaan dan pembuat mobil dapat membuat sejumlah perubahan dengan lebih murah melalui rancangan model fisik mereka dibandingkan dengan produk akhir.
2.ModelNaratif
Menggambarkan entitasnya secara lisan atau tulisan. Semua komunikasi bisnis adalah model naratif, sehingga model naratif merupakan model yang paling populer. Model ini sering digunakan para manajer, namun jarang dikenali sebagai suatu model.
3.ModelGrafik
Menggambarkan entitasnya dengan sejumlah garis, symbol atau bentuk. Model grafik digunakan dalam bisnis untuk mengkomunikasikan informasi. Banyak laporan tahunan perusahaan kepada para pemegang saham berisikan grafik-grafik berwarna untuk menyampaikan kondisi keuangan perusahaan. Grafik juga digunakan untuk mengkomunikasikan informasi kepada para manajer.
Model grafik juga digunakan dalam rancangan sistem informasi. Banyak peralatan yang digunakan oleh analisis sistem dan programmer yang bersifat grafik. Contohnya bagan arus (flowchart) dan diagram arus data (data flow diagram – DFD).
4.ModelMatematika
Sebagian besar perhatian dalam pembuatan model bisnis (business modeling) saat ini tertuju pada model matematika. Semua rumus atau persamaan matematika adalah suatu model matematika. Model matematika yang digunakan para manajer bisnis umumnya tidak lebih rumit daripada model yang biasa digunakan dalam matematika.
Keunggulan model matematika adalah ketelitiannya dalam menjelaskan hubungan antara berbagai bagian dari suatu objek serta menyediakan kemampuan prediksi. Matematika dapat menangani hubungan-hubungan yang berdimensi lebih banyak disbanding model grafik yang hanya dua dimenasi atau model fisik yang tiga dimensi. Bagi ahli matematika dan manajer yang menyadari kerumitan sistem bisnis, kemampuan multidimensional model matematik adalah modal yang berharga.
jenis model dasar memiliki kegunaan sebagai berikut :
o Mempermudah pengertian (pemahaman)
o Mempermudah komunikasi
o Memperkirakan masa depan

MODEL SISTEM UMUM
Pendekatan yang dilakukan dalam hal ini adalah berdasarkan penggunaan komputer dalam bisnis, mencakup hal semua sistem informasi di segala jenis organisasi, dan sarana yang digunakan adalah model sistem umum perusahaan.
Sistem Fisik : meliputi arus sumber daya fisik
Sistem Konseptual : Sistem Lingkaran Terbuka, Sistem Lingkaran Tertutup

Pengendalian Manajemen : menggambarkan output sistem
Pengolah Informasi : berupa mekanisme perjalanan informasi

Dimensi Informasi : meliputi Relevansi, Akurasi, Ketepatan Waktu, Kelengkapan

4. Penutup
Kesimpulan
Dengan banyaknya sistem yang tergabung dalam suatu model umum perusahaan, sangatlah membantu para pelaku perusahaan untuk menjalankan tugas-tugasnya dalam memajukan perusahaannya, dan sistem tersebut sangatlah berguna bagi seorang manajer dalam pengambilan sebuah keputusan.
Saran
Model sistem umum perusahaan ini sangatlah penting bagi semua pelaku perusahaan, dan juga sistem yang terkait didalamnya, maka setiap individu yang terkait dalam sistem ini harus sangat memperhatikan model-model umum yang ada pada perusahaan.
5. Referensi
http://dna2db19.blogspot.com/2010/01/model-sistem-umum-perusahaan.html
http://zhiimon.blogspot.com/2009/11/model-sistem-umum-perusahaan.html
http://nurmalitaseptiani.wordpress.com/2009/11/20/model-sistem-umum-perusahaan/
http://justplaymyskateboard.blogspot.com/2010/01/model-sistem-umum-perusahaan.html
http://ruzdeeweb.com/search/model+sistem+umum+perusahaan+warta+warga
http://www.copasmedia.com/?s=Model+Sistem+Umum+Perusahaan
http://www.rickyeka.com/topics/model-sistem-umum-perusahaan--warta-warga.html
http://pastryandbakery.com/search/nyunnyunmanyun-model-sistem-umum-perusahaan
http://penyo.web.id/search/model+sistem+umum+perusahaan+warta+warga
http://indoartikel.com/berita_model_sistem_umum_perusahaan__warta_warga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar