Rabu, 20 April 2011

Nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila

Nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila

Pancasila mengandung nilai-nilai dan berguna bagi kelangsungan hidup bangsa dan Negara Indonesia.nilai-nilai tersebut hakikatnya merupakan kebudayaan bangsa.nilai-nilai tersebut semestinnya menjadi rujukan bersama bangsa Indonesia dalam penyelenggaraan Negara,memelihara keutuhan bangsa dan melakukan perbaikan nasib bangsa.
Berikut akan diuraikan nilai-nilai penting yang dikandung dalam tiap-tiap sila pancasila.
a.ketuhanan yang maha esa
nilai-nilai yang dikandung dalam sila’’ketuhanan yang maha esa’’ terkait dengan soal hubungan antara Negara dengan agama serta hubungan antar umat beragama.nilai-nilai itu antara lain adalah ketakwaan terhadap tuhan yang maha esa,toleransi,kebebasan beribadah,penghormatan kepada agama/kepercayaan lain,benturan dan kerja sama antar umat beragama.
b.kemanusiaan yang adil dan beradap
nilai-nilai yang terkandung dalam sila’’kemanusiaan yang adil dan beradab ‘’terkait dengan soal hubungan antara Negara dengan warga Negara serta hubungan antara Negara dengan bangsa lain.nilai-nilai itu antara lain adalah persamaan derajat,penghargaan hak asasi manusia,nondiskriminasi,solidaritas antar sesama manusia,solidaritas antar bangsa,keadilan,keberadaan,dan perdamaian.
c.persatuan Indonesia
nilai-nilai yang terkandung dalam sila’’persatuan Indonesia ‘’terkait dengan soal kelangsungan tanah air dan bangsa Indonesia.nilai-nilai itu antara lain cinta bangsa,cinta tanah air,persatuan bangsa,penghargaan terhadap kemajemukan,kesetaraan dalam kemajemukan [multikultutral],dan gotong royong.
d.kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan /perwakilan
nilai-nilai yang dikandung dalam sila’’kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan ‘’terkait dengan soal pengelolaan pemerintahan Negara,mufakat,demokrasi,partisipasi,desentralisasi,tranparansi,dan akuntabilitas.
e.keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
nilai-nilai yang terkandung dalam sila’’keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia’’terkait dengan soal upaya mewujudkan tujuan bersama hidup bernegara.nilai-nilai itu antara lain ,keadilan social ,kesejahteraan social,pemerataan,dan jaminan social.
Nilai-nilai pancasila sesungguhnya merupakan gambaran ideal mengenai kehidupan yang dicita-citakan oleh bangsa Indonesia.dalam hal ini,nilai-nilai tersebut berfungsi member arah mengenai kebaikan bersama yang hendak diwujudkan dan menjadi patokan untuk menilai keberhasilan upaya perbaikan terhadap bangsa.


Sumber,
Kreasi (Kreatif dan Berprestasi)
Pendidikan Kewarganegaraan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar