Rabu, 20 April 2011

SIKAP DAN TINDAKAN PERJUANGAN

SIKAP DAN TINDAKAN PERJUANGAN

1. Keikhlasa dalam berjuang
Keikhlasan merupakan sikap kepasrahan kepada Allah dalam perjuangan mereka, tidak untuk memperoleh kepentingan pribadi maupun golongan, tetapi kepentingan bangsa dan Negara. Ini merupakan wujud kesadaran untuk berbuat baik dan ikhlas. Sikap batin inilah merupakan kekuatan besar dalam memperoleh kemerdekaan Indonesia. Karena tanpa adanya landasan keikhlasan, maka perjuangan itu menjadi sia-sia.
2. Tanggungjawab sebagai warga Negara
Rasa memiliki dan kecintaan yang besar kepada bangsa dan Negara melahirkan sikap tanggungjawab para pejuang. Ada rasa tanggungjawab yang besar sebagai warga Negara, karena mereka merasa menjadi bagian dari bangsa dan Negara ini. Sikap tanggungjawab diwujudkan dalam bentuk cinta tanah air dan bangsa. Kecintaan terhadap bangsa inilah melahirkan rasa tanggungjawab untuk membebaskan Negara Indonesia dari penjajahan.
3. Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan Negara
Rela berkorban demi kepentingan bangsa dan Negara merupakan sikap ikhlas memberikan segala sesuatu yang dimilikinya, sekalipun menimbulkan penderitaan bagi dirinya. Wujud pengorbanan para pejuang berupa jiwa, raga, harta dan segala yang dimilikinya untuk bangsa dan Negara.




Sumber,
RIMA (Rajin Inovatif dan Mandiri)
Pendidikan Kewarganegaraan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar