Senin, 16 Mei 2011

TOKOH-TOKOH PERISTIWA PROKLAMASI

TOKOH-TOKOH PERISTIWA PROKLAMASI
Berikut tokoh-tokoh peristiwa proklamasi :
1. Ir. Soekarno, lahir di Blitar, Jawa Timur pada tanggal 6 Juni 1901. Beliau lulusan dari perguruan teknik di Bandung (sekarang ITB) jurusan teknik sipil.
Pada tanggal 17 Agustus 1945, dengan didampingi oleh Drs. Moh. Hatta, Ir. Soekarno membacakan naskah proklamasi. Oleh karena itu keduanya dikenal sebagai bapak proklamator Indonesia.
2. Drs. Moh. Hatta, lahir di Bukit Tinggi Sumatra Barat pada tanggal 12 Agustus 1902. Beliau mulai berpolitik sejak belajar di negeri Belanda bersama dengan mahasiswa lainnya. Drs. Moh. Hatta seorang ahli ekonomi, yang pertama kali mendirikan koperasi di Indonesia. Bung Hatta merupakan salah satu proklamator Indonesia, karena beliau turut menandatangani naskah proklamasi dan mendampingi Bung karno saat pembacaan naskah proklamasi pada tanggal 17 agustus 1945.
3. Ibu Fatmawati adalah istri dari Ir. Soekarno, beliau adalah yang menjahit bendera merah putih yang dikibarkan saat proklamsi kemerdekaan.
4. Sayuti Melik adalah pemuda yang mengetik naskah proklamasi.
5. Latif Hendradiningrat dan Suhud adalah dua orang pemuda yang melekukan pengibaran bendera merah putih saat proklamasi kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945.
6. Laksamana Muda Maeda adalah seorang perwira Jepang yang mendukung kemerdekaan Indonesia dengan jalan menyediakan rumahnya untuk dipakai rapat dan menyusun naskah proklamasi.
7. Ahmad Subarjo merupakan tokoh generasi tua yang berhasil menjadi penengah antara generasi muda dan generasi tua tentang penetapan proklamasi kemerdekaan.
Dan masih banyak lagi tokoh-tokoh lain sekitar peristiwa proklamasi yang tentunya dengan perannya masing-masing, misalnya Sukarni, Yusuf Kunto, Singgih, B.M Diah, dan lain-lain.

Sumber,
EKSPRESI (Evaluasi, Uji Kompetensi, dan Prestasi)
Ilmu Pengetahuan Sosial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar